Penyerbukan Silang Antarbudaya"<.." /> Penyerbukan Silang Antarbudaya"<.." /> Penyerbukan Silang Antarbudaya"<.." />
  • Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -
Apa Hambatan Utama Negara Berkembang?

Apa Hambatan Utama Negara Berkembang?

29 June 2017   by admin
Dalam bukunya "Underdevelopment is a State of Mind: The Latin American Case", Lawrence E. Harrison menunjukkan bagaimana negara-negara Amerika Latin mengalami hambatan untuk berkembang karena faktor budaya. Hal ini menguatkan teori mengenai hubungan antara budaya dan kemajuan suatu bangsa; budaya berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi dan politik, seperti yang dikemukakan oleh Margareth Mead, Ruth Benedict, David Mc Clelland, Gabriel Almond, Robert Putnam, Ronald Inglehart, dll. Sementara itu, dalam buku "Penyerbukan Silang Antarbudaya" Yudi Latif dalam tulisannya "Urgensi Nilai Budaya dan Silang Budaya bagi Kemajuan Bangsa" menguatkan argumen tersebut bahwa, nilai atau budaya merupakan penentu penting kemampuan suatu negara untuk makmur karena budaya membentuk pemikiran orang-orang mengenai risiko, penghargaan dan kesempatan. Ini menegaskan bahwa nilai-nilai budaya memang penting dalam proses kemajuan manusia karena mereka membentuk cara orang-orang berpikir tentang kemajuan itu sendiri. Secara khusus, nilai-nilai budaya penting karena mereka membentuk prinsip-prinsip yang di sekitarnya kegiatan ekonomi diatur--dan tanpa kegiatan ekonomi, kemajuan tidaklah mungkin. (SM)
Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top