• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -
Penambang Emas, Petani dan Pedagang di ”Distrik Tionghoa” di Kalimantan Barat, Indonesia
  • Rp 80.000
  • Penambang Emas, Petani dan Pedagang di ”Distrik Tionghoa” di Kalimantan Barat, Indonesia

  • Text: Text

    Edition: Terjemahan

    ISBN/ISSN: 0-87727-733-8

    Penerbit: Yayasan Nabil

    Tahun Terbit: 2008

    Kolasi: xxiii + 407 hal, 25 cm

    Bahasa: Indonesia

    Tempat Terbit: Jakarta

    Pengarang: Heidhues, Mary F. Somers

    80.000

  • Untuk pemesanan silakan hubungi email
    sekretariat@nabilfoundation.org
Kajian ini adalah mengenai sejarah dari sebuah provinsi Indonesia yaitu Kalimatan Barat, dan dalam sejarah dari wilayah Kalimantan Barat yang luas ini, terhimpun orang Tionghoa di suatu kawasan yang pernah disebut dengan "Distrik Tionghoa" dan di kota Pontianak. Jumlah penduduk etnis Tionghoa yang besar telah menciptakan sebuah kebudayaan khusus di distrik-distrik ini, yang membuatnya dikenal dengan nama Distrik Tionghoa. Dengan memusatkan perhatian kepada minoritas Tionghoa di wilayah Kalimantan Barat tersebut selama abad 19 dan abad 20, penelitian ini bermaksud menjawab kurangnya informasi --dan beberapa kesalahan informasi-- tentang sebuah pusat berkumpulnya minoritas yang penting di Indonesia, serta menggali kembali catatan sejarah yang sangat mungkin akan segera lenyap. 

Kisah tentang kongsi-kongsi penambangan emas di Tionghoa di Borneo Barat (sebutan Kalimantan Barat di era kolonial) dan upaya pemerintah Belanda untuk menindas mereka, paling tidak secara awam, telah diketahui secara luas. Namun, apa yang terjadi setelah perjuangan panjang di abad ke-19, kurang diketahui dan seringkali sulit untuk disusun kembali.
Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top