• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -
Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju

Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju

26 April 2024   by admin
Meskipun Indonesia masih dikategorikan negara berkembang, namun ke depan Indonesia berpotensi untuk menjadi negara maju, negara super power. Menurut Drs. Eddie Lembong, dalam buku Penyerbukan Silang Antarbudaya: Membangun Manusia Indonesia (2015) bangsa kita punya potensi untuk menjadi negara super power. Syarat untuk menjadi super power ada tiga. Yang pertama, mempunyai falsafah politik yang unggul; kedua, mempunyai kekuatan ekonomi yang hebat; ketiga, mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sehebat-hebatnya. Ketiga unsur tersebut kemudian diperkuat dengan adanya competitiveness dari kebudayaan-kebudayaan mereka. Karena itu menurut Eddie Lembong, kebudayaan Indonesia harus terus semakin diperkuat untuk mendorong kemajuan. 
Dikusi Publik
scroll to top