• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -

Apakah konsep penyerbukan silang antarbudaya (cross cultural fertilization) sama dengan konsep multikulturalisme?

Sahrul Mauludi, Penulis Buku-buku Populer, BekasiKonsep penyerbukan silang antarbudaya (cross cultural fertilization) berbeda dengan konsep multikulturalisme. Dalam multikulturalisme, kebudayaan disejajarkan dan diberikan kebebasan untuk mengekpresikan jati dirinya masing-masing, sehingga setiap budaya bisa tumbuh besar tanpa rongrongan dari budaya lainnya. Berbeda dengan konsep tersebut, penyerbukan silang antarbudaya berangkat dari suatu pandangan bahwa syarat mutlak kemajuan adalah keberanian untuk melihat apa yang unggul dari kebudayaannya dan pada saat yang bersamaan mampu bahkan bisa dengan jujur, tanpa malu-malu, untuk belajar dari keunggulan budaya lainnya. Jadi dalam definisi ini, hubungan antarbudaya tidak sebatas saling mengenal, akan tetapi lebih dari itu masing-masing budaya terjadi proses pembelajaran serta saling tukar-menukar apa yang unggul sehingga melahirkan entitas kebudayaan baru yang lebih unggul.





Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top