• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -

Proyek-proyek Khusus

1. Setiap tahun sekali menganugerahkan NABIL Award kepada individu dan/atau lembaga yang telah berjasa bagi pengembangan proses Nation Building Indonesia melalui penelitian, penerbitan karya ilmiah dan/atau aktivitas lain dalam bidang ilmu sosial yang mampu memberikan pencerahan kepada publik. Mereka yang akan dievaluasi di antaranya adalah individu maupun lembaga yang bergiat dalam bidang-bidang ilmu sosial yang berkaitan dengan tantangan yang dihadapi Nation Building Indonesia dari dulu hingga sekarang, termasuk mereka yang mengupayakan perbaikan kedudukan etnis Tionghoa dalam masyarakat Indonesia. Penerima award ditentukan oleh suatu Dewan Pertimbangan, yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat yang andal, terhormat dan terpercaya. 



2. Membantu menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bidang Ilmu Sosial dan Humaniora yang berkaitan dengan Nation Building, setelah melalui proses seleksi oleh Dewan Pakar Yayasan Nabil, seperti tesis S2 maupun disertasi S3 yang selama ini hanya tersimpan di perpustakaan berbagai universitas dalam negeri, karena tidak ada dana untuk menerbitkannya atau kurang memiliki �nilai jual� di mata penerbit; maupun bentuk-bentuk tulisan lainnya yang dinilai layak terbit oleh Dewan Pakar. Di samping itu Yayasan Nabil juga menerjemahkan serta menerbitkan karya-karya dalam bahasa asing yang dinilai bermanfaat bagi pengembangan Nation Building, sehingga layak untuk disebarluaskan dalam Bahasa Indonesia. 
 3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah (Seminar, Lokakarya, Simposium dan lain-lain) dan kegiatan lain yang efektif bagi pengembangan proses Nation Building


Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top