• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -

Profil Yayasan Nabil

Yayasan MEL (Melly dan Eddie Lembong) untuk Nation Building, lebih dikenal dengan nama Yayasan NABIL, adalah yayasan yang didirikan dengan Akte Notaris No 53 tanggal 30 September 2006 dengan tujuan untuk turut serta dalam proses Nation Building Indonesia.

MOTO

Nation Building dalam Kesetaraan Tanpa Pembedaan

MAKSUD DAN TUJUAN

Yayasan NABIL adalah suatu yayasan nirlaba yang bergerak di bidang Kemasyarakatan, dengan menjalankan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

1. Dalam rangka Nation Building memperkenalkan, menyebarluaskan dan mengembangkan doktrin Penyerbukan Silang Antarbudaya (Cross Cultural Fertilization), sebagai ikhtiar untuk memperkuat kebudayaan Indonesia menuju terbentuknya sebuah Budaya Indonesia baru yang lebih harmonis, makin maju dan makin unggul, setara dengan kebudayaan/peradaban bangsa-bangsa maju lainnya.

2. Berpartisipasi secara aktif dalam proses Nation Building, antara lain dengan meningkatkan dan meneguhkan pluralisme dan multikulturalisme, termasuk diantaranya hubungan antar etnik;

3. Dengan keyakinan bahwa knowledge is power, Yayasan Nabil berusaha memajukan dan mengembangkan proses Nation Building secara ilmiah melalui penelitian-penelitian;

4. Memajukan dan meningkatkan proses Nation Building menuju terbentuknya Bangsa Indonesia yang berperadaban tinggi, bermartabat, kompak, kokoh, dan serasi atas dasar kesetaraan dan kemanusiaan;

5. Berupaya menyelesaikan secara efektif dan tuntas masalah-masalah yang memperlemah mata rantai persatuan, seperti apa yang disebut �Masalah Tionghoa di Indonesia�, sebuah warisan sejarah kolonial masa lalu, sekali ini dan untuk selamanya.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Yayasan Nabil membentuk Nabil Society, yang dalam pelaksanaannya bermaksud bekerja sama dengan organisasi-organisasi tertentu dan/atau perorangan yang sepaham. 
Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top