• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -
Kirim Surat Pembaca

Penerapan Konsep CCF dalam Agama-agama

Saeful Arif, Ustadz Pondok Pesantren Daar el-Qolam Banten
Apakah konsep penyerbukan silang antarbudaya (cross cultural fertilization) dapat diterapkan dalam lingkup agama-agama?


Saudara Saeful Arif yang terhormat
Konsep penyerbukan silang antarbudaya adalah strategi kebudayaan yang berangkat dari keyakinan bahwa perilaku bersama (collective behaviors) menentukan maju dan mundurnya suatu bangsa. Maka dari itu, jika ingin membenahi bangsa maka yang hendak dibenahi terlebih dahulu adalah manusianya. Dalam kaitan ini, agama bisa saling berdampingan guna mendukung lahirnya suasana saling belajar satu dengan yang lainnya guna mendorong lahirnya manusia yang lebih berkualitas, baik dalam kaitannya dengan dunia kerja, disiplin hidup, kemampuan bertindak jujur dan lain sebagainya. Dengan strategi ini bukan berarti agama dicampuradukan sehingga masing-masing agama kehilangan identitasnya. Justru sebaliknya, masing-masing agama mendorong para pengikutnya untuk berani berpikiran terbuka, mau belajar ilmu dengan yang lainnya, juga berani jujur memperbaiki diri guna memajukan kehidupan manusia sejagat.






Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top