• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -
Kirim Surat Pembaca

Mengapa kajian kebudayaan menjadi penting?

M. Ihwan Fawaid, Mahasiswa Falsafah dan Agama, Paramadina Jakarta
Mengapa kajian kebudayaan menjadi penting? Bagaimana proses pergeseran budaya yang seiring waktu dikuasai oleh kemajuan teknologi masa kini?


Saudara M. Ihwan Fawaid yang terhormat
Kami mengangggap kebudayaan adalah solusi utama bagi berbagai krisis yang menimpa negeri ini. Jika kita berbicara Indonesia, tentu yang kita bicarakan adalah manusianya, bukan gedung-gedung, jembatan, jalan raya, selokan dan lain sebagainya. Namun sayang kesadaran ini belum begitu kuat di antara kita. Kita masih banyak fokus kepada state building, bukan pada nation building dimana aspek budaya berperan penting di dalamnya. Terkait relasi teknologi dan budaya, hemat kami teknologi tidak akan menggerus budaya karena teknologi merupakan cerminan dari suatu budaya unggul. Yang menjadi persoalan bukan teknologinya, melainkan bagaimana kita sebagai manusia dapat memaksimalkan unsur positif dari perkembangan teknologi yang semakin massif tersebut. Kita bisa katakan tidak akan ada teknologi unggul tanpa didukung budaya unggul. Teknologi itu seperti makanan, sedangkan budaya adalah tempat membuat makanan tersebut.






Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top