• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -
Kirim Surat Pembaca

Strategi Nabil dalam Menawarkan Ideologi CCF

Abdul Aziz, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Jakarta
Budaya yang seperti apa yang Nabil definisikan? Bagaimana strategi Yayasan Nabil untuk menawarkan ideologi yang Nabil bangun?


Saudara Abdul Aziz yang terhormat

Budaya kami definisikan sebagai “collective behaviors” atau “perilaku bersama” suatu masyarakat atau bangsa. Definisi ini terkait erat dengan sikap dan perilaku manusia. Jadi dalam pemahaman kami budaya merupakan aspek yang terpenting akan bangkit atau jatuhnya suatu bangsa. Karena budaya sangat terkait dengan sikap hidup maka jika saat ini bangsa kita masih jauh tertinggal dibandingkan bangsa-bangsa lainnya itu juga dikarenakan budaya hidup kita yang memang masih tertinggal. Budaya-budaya unggul seperti hidup hemat, bekerja keras, mau menunda kesenangan untuk suatu kesuksesan, disiplin, dan kebiasan hidup tepat waktu masih menjadi hal jarang di negeri ini. Untuk itu Yayasan Nabil menawarkan konsep “Penyerbukan Silang Antarbudaya” (Cross Cultural Fertilization) yang berangkat dari asumsi bahwa jika ingin memperbaiki bangsa ini maka mutlak kita perbaiki budayanya. Dengan strategi ini, kita dituntut untuk mau belajar terus dari budaya-budaya unggul baik berasal dari suku atau etnis negeri ini dan atau belajar langsung dari kemajuan budaya bangsa lain.






Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top