• Indonesia harus mau belajar dari negeri-negeri Barat dalam soal supremasi ilmu pengetahuan.
    - Eddie Lembong -
  • Faktor penyumbang kemajuan sebuah bangsa datang dari budaya bangsa itu sendiri.
    - Eddie Lembong -
  • Budaya adalah panacea bagi kondisi bangsa yang semrawut saat ini.
    - Eddie Lembong -
  • Bangsa kita bangsa yang besar dan kaya raya. Seharusnya kita mampu mengelola itu untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
    - Eddie Lembong -
  • Kemajemukan membawa konsekuensi kepada kita untuk siap dan selalu bisa menerima keberagaman tanpa tendensi untuk mendominasi lewat cara apapun.
    - Eddie Lembong -
  • Membangun karakter bangsa memang bukan proyek jangka pendek, ia adalah megaproyek yang harus terus dirawat dan tanpa jeda didiskusikan.
    - Eddie Lembong -
Kirim Surat Pembaca

Implementasi Konsep CCF oleh Kalangan Pesantren

Luky Turmudy, Alumnus Pondok Pesantren Husnul Khatimah, Kuningan, Jawa Barat
Apakah bisa konsep Penyerbukan Silang Antarbudaya (Cross Cultural Fertilization) diimplementasikan oleh kalangan pesantren?


Saudara Luky Turmudy yang terhormat

Tentu bisa diterapkan, karena penyerbukan silang antarbudaya berangkat dari asumsi bahwa kebaikan itu selalu ada di mana-mana dan alangkah idealnya bila kebaikan yang berserakan tersebut dapat diserbuksilangkan hingga menjadi kebaikan-kebaikan yang lebih besar jumlahnya. Sebagai contoh, kehidupan di pesantren yang penuh disiplin, terbiasa tepat waktu serta diajarkan kesabaran dapat dicontoh atau diserbuksilangkan oleh anak-anak yang belajar di sekolah umum, sehingga mereka tidak mudah tawuran. Pun sebaliknya, santri-santri yang berada di pesantren bisa belajar ke sekolah lain, misalnya sekolah Tionghoa untuk belajar bagaimana membiasakan hidup hemat dan kerja keras. Kombinasi pendidikan penuh disiplin di pesantren dan kesabaran yang terjaga bila diserbuksilangkan dengan kebiasaan hidup hemat dan kerja keras akan menciptakan satu lapis generasi yang kuat serta akan memiliki daya saing dengan anak-anak lainnya yang berasal dari berbagai bangsa di dunia. Jadi penyerbukan silang antarbudaya itu bisa diterapkan dalam berbagai tingkatan serta berbagai model kehidupan masyarakat, tak terkecuali para santri yang berada di pesantren.






Lomba Penulisan CCF 2015
scroll to top